Inilah orang yang berhasil didunia internet sebelum usia 25 PART II ( Mark Zuckerberg )



Inilah yang kita tunggu-tunggu,latar belakang serta asal usul orang yang berhasil didunia internet sebelum usia 25 tahun.
Tapi saya beritahu dulu,postingan kali ini sedikit panjang,jadi sediakan kan saja cemilan dan minuman dingin sambil menyimak artikel ini.

Ok,pastinya sudah tidak sabar lagi untuk mengetahuinya,langsung saja simak baik baik artikel ini.

NAMANYA mungkin masih agak asing. Namun anda pasti mengenal produk yang diciptakannya. Mark Zuckerberg adalah pendiri social media paling populer sejagat saat ini,Facebook.

Saat saya posting artikel ini,Facebook sudah memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif. Dengan anggota setengah miliar, jika Facebook merupakan negara, maka ini akan menjadi negara ketiga terpadat penduduk didunia.
' Penduduk ' Facebook bahkan jauh lebih banyak dari jumlah seluruh masyarakat di Indonesia.
Facebook juga menjadi situs nomor dua di dunia yang paling sering dikunjungi. Facebook hanya kalah pada dari Google mesin pencari nomor satu didunia. Anda bisa cek di alexa.com.

Kepopuleran Facebook mendatangkan berkah berlimpah untuk Zuckerberg. Selang enam tahun terakhir, pendapatan pribadi dari Facebook diperkirakan mencapai US$6,9 miliar, yang membuatnya menjadi anak muda terkaya di dunia yang mendapat kekayaannya melalui usaha sendiri dan bukan warisan orang tua. Majalah Forbes menempatkan Zuckerberg di posisi ke-35 dari 400 orang terkaya di Amerika Serikat tahun 2010.

Sudah lelah ya? jalan jalan sebentar sambil menjernihkan mata sambil minuman dingin..
Sudah segar? ayo mari kita lanjutkan..

Facemash

Jalan hidup Mark bagaikan cerita fiksi. Enam tahun lalu dia bukanlah siapa-siapa dan tak memiliki apa-apa. Ketika pertama kali  menginjakkan kaki ke Palo Alto California, anak muda kelahiran White Plains, New york, 14 Mei 1984 ini tak punya mobil, tak punya rumah, tak punya pekerjaan.

Saat itu, Mark baru saja mengambil langkah berani yang akan mengubah hidupnya, yakni meninggalkan bangku kuliah di Universitas Harvard yang sangat bergengsi. Putera pasangan Edward ( seorang dokter gigi ) dan Karen Zuckerberg ( psikiater ) ini memutuskan untuk mengurus Facebook, situs jejaring sosial ciptaannya, dengan lebih serius.

Cikal bakal Facebook memang lahir di sela-sela kegiatan perkuliahan di Harvard. Istilah Facebook sendiri terinspirasi oleh Exeter Face Book, sebuah buku berisi informasi tentang para murid yang belajar disekolah menengah Phillips Exeter Academy, tempat Mark menuntut ilmu.

Setelah lulus, Mark menemukan bahwa Harvard tempatnya menuntu ilmu komputer tidak menyediakan basis informasi tentang para mahasiswa seperti yang ditemuinya di Exeter.
Mark ingin menciptakan database online untuk mahasiswa, namun ide ini ditentang pihak direktorat yang menilai mereka puny alasan yang cukup kuat untuk tidak membagi data para mahasiswa.

Suatu malam Mark meretas kepusat data Harvard dan mengutip semua data tentang para mahasiswa.
Mark kemudian membuat sebuah situs yang disebutnya Facemash, memasang foto-foto mahasiswa dan mengundang para mahasiswa untuk berkunjung dan memberi komentar.

Ulah Mark diketahui pihak rektorat yang kemudian memutus akses internetnya. Mark kemudian dikenai sanksi akademis dan didesak untuk meminta maaf. Kendati benar-benar meminta maaf, namun Mark bersikeras mengatakan apa yang dilakukannya itu benar.
" Informasi tentang para mahasiswa seharusnya tersedia dan bisa diakses untuk umum ". Tiga bulan kemudian dia meluncurkan Facebook.

Mark merancang template Facebook edisi perdana dan meminta rekan-rekannya mengisi dengan catatan. Facebook sendiri, yang awalnya bernama thefacebook.com diluncurkan secara resmi pada 4 februari 2004. Mark yang dibantu tiga teman sekamar, Dustin Moskovitz, Chris Hughes, dan Eduardo Saverin merancang sejumlah fitur untuk melengkapi situs itu. Mereka juga secara patungan membayar sewa hosting yang biayanya US$85 perbulan.


Nah,inilah kamar Mark saat merancang Facebook.
Sudah capek ya bacanya, tinggalkan sejenak, jalan jalan sebentar dan jernihkan mata lagi, saya harap anda masih sanggup membacanya, karena ini akan semakin seru..

Hanya dalam dua pekan, separuh mahasiswa Harvard sudah mendaftar untuk menjadi anggota. Beberapa saat kemudian dua per tiga dari seluruh mahasiswa Harvard sudah mendaftar. Mahasiswa dari perguruan tinggi terkemuka lainnya seperti Stanford dan Yale mengusulkan agar mereka juga bisa mendaftar.
Pada bulan Mei, sudah sekitar 30 sekolah dan perguruan tinggi yang mendaftar dan menjadi anggota. Situs Facebook kemudian mulai diisi iklan banner berisi informasi kegiatan mahasiswa yang menghasilkan ribuan dollar.

Santai sejenak dan kita lanjut kembali.

Pengaruh Bill Gates

Melihat prospek yang cukup menjanjikan, Mark memutuskan untuk drop out dari perkuliahan dan mengurus ' bayi ' Facebook dengan lebih serius. Salah satu alasan kenapa dia memutuskan berhenti kuliah karena terpengaruh oleh pernyataan Bill Gates.
Dalam satu sesi kuliah ilmu komputer, falkutasnya mengundang Bill Gates sebagai dosen tamu. Gates kemudian mengungkapkan kalimat yang mengejutkan. Pendiri Microsoft ini menghimbau para mahasiswa untuk tidak berlama-lama menekuni teori dan sebaiknya segera keluar dan melakukan hal yang nyata. Gates kemudian mencontohkan dirinya yang berani meninggalkan dunia kampus yang bergengsi untuk kemudian mendirikan Microsoft.

Pernyataan Bill Gates begitu membekas pada Mark. Bersama Moskovitz, mereka memutuskan untuk mengikuti nasihat yang diberikan Gates.
Meninggalkan Harvard, tiga sekawan memutuskan untuk menjadikan Palo Alto sebagai markas besar. Mereka menyewa sebuah tempat yang letaknya tidak jauh dari kampus Stanford.

Investor Pertama

Jalan mulai terbuka ketika dalam suatu kesempatan Mark bertemu dengan Sean Parker, salah satu pendiri layanan berbagi file napster. Mark berhasil meyakinkan Parker untuk bergabung dan bersama-sama menetap di Palo Alto.
Padahal saat itu Parker tidak tahu harus tinggal dimana karena tidak punya apartemen di Palo Alto.

Parker yang lebih pengalaman, membagikan ide dan semangat kepada Mark cs. Parker juga mengingatkan tentang konsekuensi menekuni dunia online, terutama bagi mereka yang tergolong belia. Parker juga menceritakan bagaimana jatuh bangun dengan napster yang akhirnya tersisih dalam kompetisi di industri musik dan film.

Beberapa pekan kemudian Parker memperkenalkan Mark ke investornya yang pertama, yakni Peter Thiel, salah satu pendiri PayPal dan presiden institusi keuangan Clarium Capital. Mark hanya butuh waktu 15 menit untuk meyakinkan Thiel tentang prospek cerah Facebook. Thiel setuju untuk menanamkan modalnya sebanyak US$500.000 sebagai langkah awal untuk membawa Facebook menjadi anggota terbaru kelompok jejaring sosial di Silicon Valley.

Mark kemudian merekrut sejumlah insinyur untuk membenahi Facebook. Saat itu semua modal diarahkan pada upaya pengembangan. " kami secara pribadi  saat itu tak punya uang sama sekali ", kenang Mark.
Kerja keras mereka mulai memperlihatkan hasil. Bulan November 2004, hanya sembilan bulan sejak didirikan Facebook telah melewati angka yang psikologis satu juta pengguna.

Friendster menawarkan untuk membeli Facebook seharga US$10 juta namun tawarannya ditolak.
Mark kembali merekrut sejumlah insinyur untuk menambah kekuatan Facebook.
Untuk pertama kali mereka memiliki ruangan kantor di Palo Alto's University Avenue. Diawal 2005, Facebook telah memiliki lima juta pengguna aktif yang mendatangi situs itu setidaknya sebulan sekali.

Karena semakin bertumbuh, pada juni 2006 Facebook memutuskan untuk bekerja dengan sistem jaringan terbuka. Saat itu ada lebih dari 20.000 pekerja yang bekerja dengan sistem jaringan, mulai dari CIA, McDonald's, Time Inc., hingga U.S. Marine Corps. Bahkan MySpace, yang disebut-sebut sebagai pesaing Facebook juga menjalin kerja sama dan mengizinkan 22 pekerjanya untuk ikut membantu Facebook.

Pada September 2006, Facebook mengumumkan pendaftaran terbuka. Siapapun yang memiliki alamat email Valid bisa menjadi anggota.

Dimusim panas 2006 Yahoo! menawar dan bermaksud mengakuisisi Facebook senulai US$1 miliar.
Tapi beberapa hari kemudian saham Yahoo! jatuh dan tawaran pun turun menjadi US$800 juta dan Mark memutuskan untuk meninggalkan negoisisasi. Tetapi Yahoo! kembali menawarkan US$1 miliar, dengan tegas Mark menolaknya.
Dan berbagai penawaran pun terus berdatangan.

inilah tampilan Facebook tahun 2006.

relakskan badan sejenak sambil tutup mata dan lanjutkan kembali...

Sumber keuangan

Bagaimana Facebook mendapatkan uang? Dari iklan dan sponsorship. Apple adalah pihak dari awal memasang iklan di Facebook untuk mempromosikan iTunes. Dan kemudian orang dari perusahaan besar ikut memasang iklan di Facebook.

Pada bulan Mei 2007, Facebook memunculkan apa yang disebut sebagai Facebook Platform, yang memungkinkan pihak ketiga menciptakan program dan software untuk diaplikasikan ke Facebook.
Sejak itu muncul lah ratusan fitur baru yang disebut " social applications " di Facebook, berupa game, musik dan peralatan berbagi foto, yang secara langsung meningkatkan aktivitas dan juga pemasukan keuangan disitus itu.

Hingga 2010 Facebook mendapatkan ' kue iklan ' sebesar 16% dari total pembelanjaan didunia online, dengan nilai lebih dari US$9 juta. Yang didapatkan Facebook masih jauh lebih besar dibanding perusahaan raksasa google yang hanya meraup 2,4%.


Nah,sudah tahukan bagaimana latar belakang dari Mark Zuckerberg?
Sama seperti kita, jika ada usaha yang gigih pasti akan mendapatkan hasil yang manis.
Jadi tetap berusaha menjalani apa yang anda jalani sekarang didunia online..

Pada postingan berikutnya saya akan mengulas tentang Matt Mullenweg, anak muda pendiri Wordpress,, jadi tunggu kelanjutannya y...
salam dari saya Antoni Wijaya.