6 kesalahan umum dalam membuat halaman web/blog



Banyak orang yang menginginkan web yang profesional, tapi banyak yang tidak sadar kesalahan umum dalam membuat halaman web menjadi tidak profesional, walaupun blog saya ini juga belum terlalu profesional, jika anda yang memiliki bisnis internet sebaiknya ini patut disimak karena akan bermanfaat dikemudian hari.
Langsung saja 6 kesalahan umum dalam membuat halaman web/blog :

1. Menggunakan desain grafis berat

Sebuah halaman web harus memiliki waktu loading yang wajar. Jika gambar terlalu banyak,  halaman anda memakan waktu lebih lama untuk loading. Pengunjung dapat dipastikan tidak suka menunggu lama untuk mencari informasi yang dia butuhkan dan kemudian meninggalkan web/blog anda. Usahakan menggunakan Html dan kode CSS yang nyaman untuk pengunjung dan tidak berat. Memiliki web yang cantik mungkin idaman setiap webmaster, anda bisa mempercantiknya lewat desain grafis adobe photoshop, ada banyak jasa yang disediakan di internet, tapi anda harus jelih pemilihan warna sangat berdampak pada pengunjung anda. Jika warna sangat menusuk dimata saya jamin pengunjung anda tidak akan betah jadi pilihlah warna yang soft agar pembaca dapat nyaman membaca. Jika anda ragu panggil lah teman anda untuk melihat web anda, dan nilai penilaian teman anda terhadap web anda. Ini lebih berguna dan lebih pasti.

2. Menggunakan terlalu banyak animasi grafis

Anda ingin pengunjung  fokus kearah mana jika pengunjung mendatangi web/blog anda? Nah itu anda jawab sendiri, menggunakan animasi grafis memang menarik perhatian, tapi jika terlalu banyak pengunjung akan bisa menilai sendiri, apa tujuan web/blog anda, jika animasi grafis di web/blog hanya sekedar itu bagus, buatlah web/blog lebih profesional, menandakan anda serius dalam mengurusnya.

3. Masalah kompatibilitas browser

Selalu periksa situs anda pada browser utama anda seperti (Internet Explorer, Netscape, Firefox, Opera), PC dan Mac (Safari, Firefox) jika memungkinkan. Ada kemungkinan beberapa browser tidak support kode script atau pun CSS anda, ini menyebabkan hilangnya juga pengunjung, pastikan menggunakan script,kode html, atau pun CSS yang ramah, agar semua browser dapat membuka situs anda.

4. Broken link
 
Jika anda ingin memiliki situs yang hebat pastikan tidak ada broken link yang terjadi, karena akan berdampak banyak pada situs anda.

5. Tidak lengkap informasi yang bisa dihubungi
 
Buatlah page tentang cara bagaimana bisa menghubungi anda, cantumkanlah informasi data diri anda seperti alamat,email,no hp dan sebagainya, jika anda ingin mendapatkan  kepercayaan dari pengunjung. Apa  lagi jika anda mempunyai bisnis di web/blog anda, jika tidak mempunyai informasi data diri yang lengkap jangan harap anda bisa cepat sukses.

6. Gunakan hadiah sebagai daya tarik pengunjung

Kita semua tahu manusia paling suka dengan hadiah, yang berbau gratis.
Jika ingin memilki pengunjung yang royal di web/blog anda, anda bisa menggunakan strategi ini untuk mendapatkannya. Misalnya berikan lah sebuah ebook buku untuk komentar di web/blog untuk pertama kalinya ini memberi nilai plus bagi situs anda. Kemungkinan pengunjung yang puas itu akan memberitahu temannya entah lewat dari mulut ke mulut,BBM,Ym,Facebook,Twitter,email,atau pun blogwalking dan akibat dari itu situs anda akan mengalami kenaikan traffik, bukankah semakin banyak traffik semakin besar terjadi penjualan?

Sedikit tips dari saya, ini saya rangkum secara garis besarnya, jika ingin menambahkan silahkan tumpahkan dikotak komentar y...

Salam Sukses dari saya
Antoni Wijaya