Cara menyeleksi produk affiliate



Banyak sekali affiliate program bertebaran di dunia internet. Dan jumlahnya bertambah banyak hari demi hari. Terlalu banyaknya sehingga membuat kita semakin kompetitif dalam menyeleksi produk affiliate yang benar. Apa lagi tak semua affiliate program bisa dipercaya.

Pada prinsipnya, anda harus hati-hati dalam memilih affiliate program. Jangan hanya tertarik pada produk yang dimilikinya, tapi selidiki lah dulu website tersebut, pemilik website tersebut, apakah dicantumkan alamatnya yang jelas, ataupun jika ada dicantumkannya nomor telepon bisa dihubungi untuk diselidiki.
Anda sebaiknya memilih yang benar-benar berkualitas. Berkualitas dalam arti :

  • Memiliki produk yang berkualitas. Kualitas produk bisa dilihat dari jumlah permintaan dari produk itu atau pun dari berbagai pengakuan.
  • Memiliki layanan memuaskan. Tak hanya menjual produk saja, tetapi kita harus memberikan pelayanan yang  memuaskan termasuk garansi produk tersebut.
  • Menjual produk-produknya secara efektif. Angka penjualan produk tersebut tinggi ataupun laris. Ataupun lama berjalannya produk affiliate tersebut berjalan lama.

Disamping soal kualitas tadi, anda perlu juga mewaspadai beberapa peringatan ini :

  • Transparan. Salah satu ciri affiliate program yang baik adalah transparan. Maksudnya memungkinkan para marketer untuk masuk kedalam account dan melihat hasil yang didapat. Dengan begitu, selain bisa mengetahui hasil yang didapat, setiap marketer dapat mengevaluasi diri sejauh mana promosi yang dilakukan berhasil menggaet pembeli.
  • Jelas identitas pengelolanya. Affiliate program yang baik selalu menjelaskan siapa dirinya itu, alamat rumahnya, alamat email, nomor kantor. Dan mereka bisa dihubungi oleh anda. Kalau anda temukan affiliate program yang tidak jelas identitasnya sebaiknya ditinggalkan saja.
  • Aturan komisi jelas. Affiliate program yang baik selalu menjelaskan aturan komisi yang didapat, misalnya 50:50.
  • Aturan pembayaran komisi. Aturan pembayaran juga bisa dijadikan cermin tolak ukur. Kapan komisi dibayar? setiap 2 minggu sekali? 1 bulan sekali?. Selain itu metode pembayarannya juga harus jelas, apakah melalui transfer bank? melalui cek? paypal? western union?.
  • Track record. Perjalanan sebuah affiliate program juga perlu anda teliti. Untuk mengetahui respon masyarakat internet dengan affiliate program tersebut. Cari tahu berapa lama affiliate program tersebut berjalan, apa produk yang dijual, dan berapa banyak masyarakat yang membeli produk yang ditawarkan. Jika anda sendiri ragu sebaiknya anda menghindari affiliate program tersebut.


Nah, jika syarat-syarat diatas ada pada affiliate program yang anda bidik, jangan ragu untuk bergabung. Dan anda siap pasarkan produk tersebut. Jika anda kurang tahu strategi apa yang akan digunakan, silahkan baca disini.