Orang yang berhasil didunia internet sebelum usia 25 PART VI ( David Karp )



Ada banyak layanan ngeblog gratis yang tersedia di dunia maya. Salah satu platform yang sekarang sedang naik daun adalah Tumblr. Platform ngeblog yang bisa diakses melalui www.tumblr.com ini diciptakan oleh pemuda yang  (saat itu) berusia 21 tahun, David Karp.

David adalah sosok anak muda yang penuh dengan kejutan. Ketika berusia 15 tahun dia memutuskan berhenti sekolah formal di Bronx Science High School dan memilih menjalani program message board (bersekolah di rumah). Diusia 17 tahun dia bekerja sebagai kepala bagian teknologi di UrbanBaby, layanan melalui email dan message board untuk para orang tua yang berbasis di New York. Suatu ketika, David nekat berangkat ke Jepang dan menyewa sebuah apartemen dengan sistem prabayar. Dia menetap di Jepang selama lima bulan, tanpa sepengetahuan rekan dan bosnya di UrbanBaby. Mereka beru mengetahui kalau David tidak berada di New York setelah dia tidak hadir dalam sebuah rapat penting.

David adalah anak muda yang tidak suka berfoya-foya. Ketika UrbanBaby dibeli CNET tahun 2006, pemuda kelahiran 6 Juli 1986 ini memiliki cukup banyak uang untuk memulai usaha.

David kemudian mendirikan perusahaan konsultan Davidville dan memperkenalkan Tumblr, platform ngeblog yang disebut-sebut sebagai perpaduan antara Facebook dan Twitter. Tumblr terinspirasi dari Tumblelog, format blog yang memungkinkan posting dalam bentuk pendek dan bisa memadukan berbagai tipe.

Ide membentuk Tumblr muncul ketika David merasa ada kekosongan saat ngeblog di Blogger (blogspot), Wordpress dan Type Pad. David merasa tidak berhasil menciptakan identitas online seperti yang diinginkan. Suatu ketika, ditahun 2005 dia menemukan sebuah Tumblelog yang disebut Projectionist. Projectionist adalah platform yang memungkinkan pengguna menggabungkan berbagai media dalam sebuah blog. David menilai projectionist sebagai solusi yang tidak dia temukan diWordpress, karena bisa menggabungkan beragam media seperti video dan gambar dalam theme yang cantik. Projectionist juga memungkinkan membuat posting dalam bentuk kutipan.

Kendati apa yang ditemui sangat menarik, David kemudian menyadari konsep Projectionist tidak dikembangkan. David melihat potensi dan peluang untuk menciptakan sesuatu yang berharga dan menarik. David sengaja mengendapkan ide itu selama satu setengah tahun. Setelah melihat tak ada pihak yang berniat mengembangkan, dia kemudian memutuskan untuk memulai. Bersama rekannya, Marco Arment, David kemudian mendisain versi awal Tumblr. Nama Tumblr sendiri diambil dari kata Tumblelog. Dibutuhkan dua minggu untuk bisa membuat Tumblr bisa online.

Tanggal 19 Februari 2007 Tumblr secara resmi diluncurkan. Setelah diluncurkan, mereka memperkenalkan kekomunitas Tumblelog. "Dalam satu malam ada lebih dari 30.000 pengguna yang mendaftar," cerita David.

Keunggulan Tumblr adalah, pengguna bisa menaruh apa saja yang diinginkan kedalam blog. Apakah teks, gambar, video, audio, kutipan atau link dan mempublikasikan. Publikasi bisa melalui dashboard, juga dari bookmarklet di browser, instant messenger, telepon seluler atau email.

Sebagai platform ngeblog yang naik daun, ada kemungkinana Tumblr dilirik pihak lain yang ingin menguasai atau membeli. Namun David menjelaskan, dia tak berencana untuk menjual Tumblr dengan alasan apapun. "Kami mendirikan Tumblr bukan untuk dijual. Uang bukanlah hal yang memotivasi kami ketika mendirikan Tumblr," tegas David.


Sampai pada postingan saya hari ini sudah dua orang muda pendiri platform blog yang berhasil di dunia internet sebelum usia 25 tahun yaitu yang pertama Matt Mullenweg dan kedua yakni postingan hari ini David Karp. Mereka contoh anak muda yang mau berusaha, asal berusaha keras dengan konsisten semua kemungkinan akan terwujud.